Wednesday, December 6, 2017

Tentang Danilla Riyadi

 Tidak bernyanyi namun mengantarkan pesan

 


pic : instagram @danillariyadi



Danilla Jelita Poetri Riyadi, yap itu nama panjang dari penyanyi yang sering dipanggil mba Danilla. Perempuan yang lahir pada tanggal 12 Februari 1990 ini memulai karir bernyanyinya mulai tahun 2013 siglenya yang berjudul Buaian yang diaransemen oleh Lafa Pratomo sangat bisa membuai yang mendengarkan. Dinyanyikan dengan suara alto yang penuh penghayatan dengan musik swing namun tetap easy listening dan lirik yang sedikit mendayu ala era 60an. Pada tahun 2014 ia merilis album berjudul “Telisik” namanya mulai diperhitungkan di belantika musik Indonesia. Album tersebut masuk ke dalam salah satu album terbaik dari penyanyi Indonesia.
Bapaknya bernama Wansyah Fadli dan Ibunya bernama Ika Ratih Poespa yang merupakan seorang penulis lagu, penyanyi jazz, juga produser rekaman. Sebelum memulai karir bernyanyinya ia berkata bahwa dia sebenarnya tidak mau bernyanyi sama sekali karena merasa tidak punya teknik. Namun ibunya terus mencoba mengarahkan dan “mendoktrin” dirinya supaya mau. Menurut ibunya, menyanyi tidak harus punya suara yang bagus karena hanya membutuhkan rasa.







Ternyata nasihat ibunya benar-benar “merasuki” jiwanya sampai akhirnya dia bisa membuktikan bahwa dia memang bisa. Teknik bernyanyinya memang tidak spektakuler, tidak terlalu “mewah” bahkan suara altonya lemah tapi sangat indah. Oleh karena itu dirinya mendapatkan banyak pujian dari musisi-musisi populer. Sebut saja, Mondo Gascaro, Endah N Rhesa, juga Sigit Agung Pramudita. Danilla sudah menyukai musik sejak kecil karena memang sebagian besar keluarganya ada di industri tersebut. Danilla yang tidak pernah sekolah musik, menjadikan beberapa penyanyi sebagai “guru”. Sebutlah Joao Gilberto, Antonio Carlos Jobim, Billie Holiday, Frank Sinatra, Astrud Gilberto, dan Ella Fitzgerald.
Lalu mulai mengenal penyanyi-penyanyi maupun band pop seperti Radiohead, Coldplay, Jay-Jay Johanson, Sophie Ellis Bextor, Diana Krall, dan Portishead setelah beranjak dewasa.





pic : instagram @danillariyadi


Pada tahun 2016 yang lalu Danilla mengeluarkan album ke-2 yang hampir semua lagunya ditulis oleh ia sendiri . dengan single utama berjudul “Kalapuna” dengan musik yang lebih menenangkan namun lebih menekan ke suasana yang muram. Selain itu ada juga lagu “Entah Ingin Kemana” yang dibawakan bersama Rd. Moch Sigit Agung Pramudita dari Tiga Pagi.

 

No comments:

Post a Comment